PERAWATAN LUKA KONVENSIONAL

Published 28 November 2011 by devi merry

Definisi Perawatan Luka Konvensional

Konsep perawatan luka konvensional adalah perawatan luka di mana teknik yang digunakan masih alami dan tradisional, belum dikembangkan secara modern yang bertujuan untuk menyembuhkan luka secara bertahap dan prosesnya lama tergantung luka yang di derita.

Contoh Luka dan Teknik Perawatan Luka Konvensional

Pada perawatan luka konvensional masih banyak menggunakan cara – cara tradisional yang cenderung alami dan penggunaan obatnya pun sederhana. Contoh luka dan teknik perawatan luka secara konvensional adalah sebagai berikut   :

Luka Gigitan Ular

Rimpang Jahe

Teknik            : Rimpang Jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.

Luka Bakar

Dengan Teripang

Teripang tersebar luas di lingkungan laut diseluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat. Untuk wilayah Indonesia, teripang banyak ditemukan di perairan bagian Timur Indonesia, seperti di perairan Kalimantan.

Kandungan Dalam Teripang atau Sea Cucumber       :

ü  Kolagen 80,0%

ü  Protein 86,8%

ü  Mineral

ü  Mukopolisakarida

ü  Glucasaninoglycans (GAGs)

ü  Antiseptik alamiah

ü  Chondroitin

ü  Omega-3, 6, dan 9

ü  Asam Amino

Teknik            : teripang direbus kemudian air rebusannya diminum.

Menurut dr Dendi Sudiono SpKK, spesialis kulit dan kelamin, ‘Untuk mengatasi luka bakar diperlukan bahan-bahan yang mengandung banyak kolagen. Sejatinya kulit kita mempunyai senyawa kolagen. Senyawa itu terbentuk dari jaringan serabut elastin dan serabut kolagen. Keduanya bahu-membahu, saling mengisi, dan membuat keras serta kencang lapisan kulit bagian atas.

Dengan Kentang

Umbi kentang mengandung zat pati ( amilosa, amilopektin ), protein, lemak, kalsium, fosfar, besi, belerang, vitamin A, B, C.

            Teknik            : 1 buah kentang, dicuci, kupas, parut. Remas parutan kentang bersama 2 sendok makan minyak kelapa. Borehkan pada bagian luka bakar, lalu balut dengan kain bersih.

Luka Koreng

           

Koreng adalah luka pada kulit yang bernanah dan membusuk. Perawatan luka secara konvensionalnya adalah sebagai berikut         :

Dengan Kunyit dan Daun Sambiloto

Teknik            :

            Ambil kunyit 1 gr, minyak kelapa 95 gr, pati singkong 2 gr, semua ditumbuk dan dipanaskan sedikit dan kemudian di oleskan pada tempat yang sakit.

Ambil daun sambiloto 1 gr, daun delima 1 gr, pati singkong 2 gr, minyak kelapa 1500 gr, semuanya dicampur lalu dipakai sebagai obat luar.

 

Luka Borok

Borok adalah luka yang terbuka pada kulit, mata atau membran mukosa yang sering disebabkan oleh peradangan, infeksi,kanker hipertensi diabetes, dan lain-lain. Penyebab lain borok pada kulit termasuk tekanan dari berbagai sumber. Borok adah luka yang berkembang pada kulit, membran mukosa dan mata. Teknik perawatannya secara konvensional adalah sebagai berikut       :

Dengan Kamboja

Getah putihnya mengandung damar dan karet, yang mampu mengontraksikan kulit tanpa menimbulkan rasa sakit. Tumbuhan ini juga mengandung fuvoplumierin yang mencegah pertumbuhan bakteri. Bunganya berkhasiat menurunkan panas, menghentikan batuk, meluruhkan air seni. Batangnya melancarkan buang air besar.

            Teknik            : Oleskan getah kamboja pada borok yang sudah dicuci dengan air hangat

 

Luka Sariawan

Sariawan adalah suatu Kelainan pada Selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi. Perawatannya adalah sebagai berikut        :
 

Dengan Daun Kemangi

Daun kemangi mempunyai daya penenang dan mengeluarkan gas-gas dari tubuh. Daunnya juga sering dipakai untuk bumbu hidangan daging ataupun ikan.
Kemangi mengandung zat minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, dan lain-lain.

            Teknik            : 50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2 – 3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.

Dengan Daun Kembang Sepatu

Seluruh bagian tumbuhan kembang sepatu mengandung zat lendir atau mucin dan bunganya berkhasiat memberi rasa sejuk pada kerongkongan dan rongga pernafasan agar keluar lebih banyak.

            Teknik            : Segenggam daun kembang sepatu dicuci bersih, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Saring. Minum airnya.

Luka Patah Tulang

Perawatan pada luka patah tulang secara konvensional dapat dilakukan dengan cara menggunakan pembidai. Pembidai ini berupa sejenis papan atau batang lurus yang dilekatkan pada bagian yang patah lau diikat dengan menggunakan daun kering bila tidak ditemukan tali.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar meminimalisir adanya gerakan atau perpindahan posisi tulang. Sebelum dikenakan pembidai sebaiknya posisi tulang dibenarkan dengan urutan tangan.

Luka Patah Tulang

Luka sayatan adalah luka yang timbul akibat adanya benturan atau gesekan benda luar baik sengaja maupun tidak sengaja yang mengakibatkan perdarahan. Perdarahan sendiri terbagi menjadi dua yakni perdarahan yang memancar dan menetes. Baik perdarahan memancar maupun menetes memerlukan perawatan sendiri.

Dalam praktik perawatan konvensional, pada luka sayatan dapat dilakukan perawatan menggunakan daun jerami kering atau sarang hewan sejenis laba-laba atau lebih tepatnya dalam istilah jawa dapat disebut ‘dlamet’atau ‘omah kolomonggo’. Teknik jaman dulu yang bersumber dari kebudayaan jawa ini memiliki keyakinan bahwa dengan jerami atau ‘dlamet’ dapat menekan luka yang memancar dari kulit. Dengan begitu luka yang terjadi dapat dikurangi sehingga tidak terjadi pelebaran luka yang lebih atau bahkan kehilangan darah dengan berlebih. Namun dibalik khasiatnya masih belum terjamin kesterilan dari bahan-bahan tersebut sehingga masih ada kemungkinan terjadinya infeksi terhadap luka yang ada.

About these ads

One comment on “PERAWATAN LUKA KONVENSIONAL

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: