SEJARAH PROFESI KEPERAWATAN

Published 28 November 2011 by devi merry

1.MOTHER INSTINC

Pekerjaan keperawatan sudah ada sejak manusia diciptakan.Dimana pada saat itu manusia diciptakan mempunyai naluri / pikiran bagaimana dia  menjaga dirinya agar hidup .kenapa harus mother instinct? Karena seseorang yang perawatan pertama kali sebelum adanya tenaga medis adalah seorang ibu yang tulus merawat anaknya, memberikan susu, dan menjaga agar tidak terserang penyakit.

Dari sinilah mother instinct dijadikan pedoman bagi seorang perawat dimana kita harus memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga pasien dengan keikhlasan dan seorang perawat harus mempunyai nilai sebagai ibu yang menjaga anaknya.

2.SEJARAH KEPERAWATAN DI DUNIA

Pada zaman ini orang percaya bahwa pengaruh kekuatan gaib menimbulkan rasa sakit dan rasa dimana mereka bisa merasakan kesembuhan , jadi belum ada pengobatan tetapi hanya pemujaan roh untuk mendatangkan kesehatan.

Kemudian berkembang dengan adanya kelompok wanita tua dan janda yang membantu pendeta dalam merawat orang sakit. Serta kelompok kasih sayang yang hidupnya ditunjukkan pada orang sakit . serta kelompok kasih sayang yang hidupnya ditunjukkan pada orang sakit setelah itu berkembanglah rumah keperawatan.

3.ZAMAN (KEAGAMAAN)

Perkembangan keperawatan mulai bergeser kearah spiritual dimana seseorang yang sakit dapat disebabkan karena kutukan atau dosa dari orang tersebut yang diberikan oleh tuhan . jadi pada zaman ini pengobatan dilakukan ditempat-tempat ibadah dan pengobatannya adalah seorang tabib sedangkan perawat pada zaman ini hanya sebagai pesuruh.

4.ZAMAN MASEHI

Pada zaman ini keperawatan baralih dengan factor kekuasaan . pada zaman ini adalah zaman perang dan terjadilah eksplorasi alam perkembangan pengetahuan sangat cepat dan tempat beribadah tidak lagi digunakan merawat orang sakit.

5.ZAMAN SEBELUM PERANG

Perkembangan keperawatan dikaitkan dengan kebutuhan untuk memberikan perawatan bagi serdadu yang terluka dan orang sakit. Perang dunia II menimbulkan prinsip rasa cinta sesame manusia dimana semua manusia mempunyai rasa peduli untuk memberikan kesehatan agar dapat perang kembali. Dalam hal ini tokoh keperatan dunia adalah Florence nightingale beliau menyadari pentingnya sekolah perawat dan dia mendirikan sekolah perawat serta rumah sakit.usaha Florence lain adalah menetapkan struktur dasar di pendidikan perawat.

6. ZAMAN SELAMA PERANG DUNIA 2

Masa ini berdampak bagi masyarakat seperti adanya penderitaan yang panjang akibat perang . hal ini menjadi tuntutan seorang perawat agar mereka bisa hidup sejahtera, dengan adanya hal itu perawat yang semula bersifat individu bergerak kearah pekerjaan. Pada tahun 1948 perwat diakui sebagai profesi dan terjadi pelatihan dan penghargaan perawat.

 

7.PERIODE 1950

Pada masa itu keperawatan sudah muali menunjukkan perkembangan khusuisnya pada sistem pendidikan. Proses keperawatan sudah mulai dikembangakan dengan memberikan pengertian bahwa keperawtan adalah suatu peoses (pengkajian,diagnosis keperawatan, perencanaan dan evaluasi) yang harus dilakukan perawatan .

Dari sinilah sejarah keperawatan dimana semuanya bersifat social dan kemanusiaan yang kemudian menimbulkan perubahan dalam sistem tempat perawat bekerja dan hidup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: